Kamis, 07 Januari 2010

MACRO Photography tanpa DSLR..Why Not ??

Sejalan dengan perkembangan dunia fotografi saat ini semakin banyak orang yang tertarik untuk menekuninya, para  pabrikan kamera berlomba menawarkan jenis2 kamera untuk memuaskan pemakainya mulai dari yang Point and Shot Camera sampai DSLR Camera yang harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.
Tapi itu semua adalah sekedar produk, kita berhak memilih mana yang cocok dengan kebutuhan kita.
Kembali ke dunia macrografi, ada teman yang mengatakan kepada saya bahwa jika mau menekuni foto Macro maka kamera saya gak cocok ( kamera waktu itu masih KODAK M863 ),minimal pakai DSLR yg "Low End " sekelas SONY Alpha A200 atau Nikon D40 atau Canon 1000D.
Jujur "dompet saya tipis" jadi gak bisa beli DSLR so akhirnya memanfaatkan kamera yang ada M863 untuk latihan Makro foto dan ini salah satu hasilnya









Selesai..puas ?, ternyata bisa juga ...,akhirnya saya pun iseng2 mencoba menambah LUP di depan lensa camera M863 saya dan woowww hasilnya ternyata bisa masuk kategori makro ( menurut saya )










Jadi saya berkesimpulan untuk foto-foto makro ternyata bisa menggunakan kamera Poin Shot dan tidak harus DSLR.

Saat ini saya telah mengupgrade kamera saya ke Fuji Finepix s1500 Prosumer kamera ..., masih tetap belum ke DSLR ( maklum kantong cekak ..) dan dengan tetap menggunakan asesoris tambahan DIY seperti LUP , Reverse Lens with Tube DIY .
Akhirnya jadilah saya menekuni dan belajar dari para master-master makro mengenai teknik Macro Art.

Yang terpenting adalah "Jangan Patah Semangat" , asal kita mau dan serius untuk belajar maka pakailah statement dari teman saya ini sebagai penyemangat kita :" The Good Photo not Decide by Camera Future but Who's behind the Camera"

Berikut sebagian hasil foto makro saya dengan Finepix s1500 :





















3 komentar:

  1. wah fotonya keren, mbok di sharing trick2nya, saya make S1500 juga, tapi masih newbie kinyis-kinyis..

    BalasHapus
  2. tricknya sederhana kok...jepret-jepret aja..ntar disharing hasilnya biar bisa diskus...hehhe

    BalasHapus
  3. waduh gan, manteb banget tuh foto . . . bikin ngiri aja, ane juga pake fuji, s1600 , , mkin tmbh smgt aja bwt tekun di macro fotography . . bagi2 tips & trick-nya trus , , perlengkapan DIY pas bwt motret ditampilin juga dunk . . ^^

    BalasHapus

Just a Macro Shot

Just a Macro Shot